Ad Code

Responsive Advertisement

Makna Nama Gus

Makna nama Gus. Kita sering mendengar dan melihat nama Gus berada di depan nama orang. Salah satu Gus yang kita tahu pernah menjadi presiden negara Indonesia. Beliau adalah Gus Dur. Kenapa tidak dipanggil sesuai gelaran nya? Kyai Haji Abdurrahman Wahid. Gus Dur sendiri pernah mengungkapkan alasan nya memilih lebih suka dipanggil Gus daripada Kyai. Terlalu berat, ujar beliau.
Banyak tokoh Indonesia memiliki panggilan Gus. Ada Gus Dur, Gus Muh, Gus Makmun, Gus Muh dan lain lain. Gimana sech asal usul nama Gus ini?


Saya tidak mendapatkan referensi pasti, tapi dari banyak nya penelusuran saya, saya tahu sedikit tentang panggilan Gus ini tanpa bukti yang kuat. Karena kamus sendiri tidak akurat dalam menjelaskan definisi Gus dari panggilan orang orang besar ini.


Gus, menjadi sebuah panggilan dari kata bagus, yang setara dengan le thole, nang kenang, nduk genduk. Nama nama panggilan untuk anak anak suku Jawa dengan lembut.


Terus kenapa panggilan Gus tersemat hanya kepada orang orang alim? Karena di awalnya panggilan Gus memang untuk anak sulung seorang kyai, pewaris pesantren, atau bahkan anak mantu sulung seorang kyai, karena kadangkala anak sulung seorang kyai juga perempuan. Jadi yang sering di gelari Gus adalah anak pertama seorang kyai, anak kedua dan seterusnya tidak akan dipanggil Gus oleh santri ataupun orang orang yang menghormatinya.


Kenapa sampai usia lanjut, mereka masih menyandang nama itu dan tidak kyai? Mungkin karena terbiasa, ataupun mungkin karena alasan seperti yang diungkapkan oleh Gus Dur di atas.




Ada juga yang menyebut panggilan Gus dari kata Gusti. Bagi saya lemah, karena panggilan kehormatan seorang yang ditinggikan atau anggota kerajaan tidak pernah di singkat. Kanjeng, Sultan, Prabu, Denmas, Pangeran, jarang disingkat untuk jadi sebuah panggilan.
Kesimpulan nya, jika seseorang menyandang nama Gus, beliau pasti keturunan seorang kyai, dan besar kemungkinannnya anak sulung.
Seorang Cak Nun ( Ainun Najib ) cucu seorang Imam Besar negara ini Hasyim Asyari tidak dipanggil denga Gus karena beliau anak ke empat dan dipanggil Cak sesuai daerahnya Jawa Timur,. Anak kyai derah Jawa Tengah akan dipanggil Kang ( kakang ) untuk anak kedua dan seterusnya.

Apakah ada yang tidak memiliki faktor di atas memiliki nama Gus di depan nya? Mungkin, karena semua orang berhak memakai nama sendiri sendiri kan? Akan tetapi jika nam Gus disematkan ke diri sendiri agar terlihat alim, tidak mau di panggil kyai, atau ustadz karena terlalu biasa, ya berarti ilmu nya kurang wawasan. 😁


Maklumi jika kita beda..
Karena kita beda kepala..
Mimaya©

Post a Comment

0 Comments

Close Menu