Ad Code

Responsive Advertisement

Faktor Penting Warnet

Saya seorang yang beruntung bekerja dalam bidang teknik informatika yang terus berkembang. Tanpa dasar pendidikan dan pengalaman dalam bidang IT saya ditarik menjadi bagian dari sebuah perusahaan yang bidang usahanya adalah Internet Provider lokal. Berangkat dari posisi seorang kuli bangunan, kuli kebun, dan kuli kuli bidang lain, akhirnya kini saya menjadi kuli IT. Posisi terendah dari bidang ini. Walaupun kalau di luar negeri sana, posisiku bisa disebut sebagai “toolman” atau “wireman”. Kalau di film sech disebut “CableGuy”. Wqeqeqe. :D
Dalam kemajuannya saya kini juga ikut bertanggung jawab dengan kondisi teknis beberapa warnet yang dibuka oleh perusahaan. Kadangkala…. :D

Sekarang saya sedikit banyak mengerti tentang internet. Dan kebutuhan saya akan internet membuat saya keluar masuk beberapa warnet di kota saya selain memakai internet di kantor Ada banyak hal yang saya lihat saat keluar masuk warnet warnet itu. Dan dari sedikit pengalaman tersebut saya bisa melihat beberapa factor yang bisa diperhitungkan jika membuat usaha warnet.

1. Lokasi
Lokasi atau tempat dibukanya warnet, bagi saya hal yang sangat penting diperhitungkan. Bagaimanapun bagus spek computer, seberapapun cepat akses internetnya, seberapapun bagus pelayanannya jika dibuka di tempat yang tidak tepat sepertinya akan sulit mengharapkan hasil yang terbaik. Melihat kondisi pasar adalah hal penting dalam hokum ekonomi. :D (…salah nggak ya..? ) Dan tentu saja jika warnet dibuka dengan lokasi saling berdekatan dengan warnet lain, sebuah persaingan dalam berbagai aspek harus diperhitungkan juga. :D

2. Spek Komputer Dan Peralatan
Hal lain yang patut diperhitungkan adalah peralatan di dalam warnet. Banyak peralatan yang dibutuhkan dalam sebuah warnet. Spek computer, kursi, meja, bilik, lampu penerangan, dan peralatan jaringan warnet. Lokasi sudah bagus, di tempat ramai orang yang mebutuhkan warnet, akan tetapi perlatan yang disediakan sangat jauh dari standard, akan membuat warnet sulit merebut simpati pelanggan untuk terus memakai warnet itu sebagai pilihannya dalam menggunakan internet. Kalau masih ada yang terus jadi pelanggan, mungkin orang yang tak punya banyak pilihan mungkin. :D

3. Service Dan Pelayanan
Hal penting lainnya adalah pelayanan dari warnet. Operator yang sanggup merelakan diri membantu pelanggan yang kesulitan dalam menggunakan internet sangat diharapkan oleh pelanggan. Operator diharap bukan sekedar kasir, yang hanya melayani transaksi pembayaran saja. Kalaupun tugasnya hanya kasir pun, kalau dengan pelayanan buruk seperti muka masam, tidak menghargai pelanggan, tidak antusias dengan pertanyaan pelanggan, atau egois, tentu akan membuat pelanggan enggan untuk kembali ke warner itu lagi.

4. Akses Internet Yang Stabil
Faktor penting yang jadi komiditas sebuah warnet tentu saja akses internet. Saya urutkan dalam nomer 4, karena akses internet yang disediakan warnet, tentu lebih baik dari akses internet GPRS ataupun akses internet rumahan yang murah. Jadi akses internet adalah hal penting lainnya. Mungkin akses internet tidak terlalu cepat untuk download dan browsing, akan tetapi jika pelanggan merasa nyaman dengan hal hal lain, pasti akan merebut simpati pelanggan untuk kembali lagi. Lain cerita kalau dalam sehari akses internet selalu putus nyambung terus. :D Ogah dong datang lagi.

5. Fasilitas dan Kenyamanan
Selanjutnya adalah kelengkapan fasilitas dari sebuah warnet yang akan memikat pelanggan untuk datang terus.
- Lokasi parkir. Memiliki lokasi parkir yang luas dan aman akan menjadi daya tarik bagus bagi pelanggan. Sehingga pelanggan yang memakai motor maupun mobil, akan merasa tenang dan nyaman saat berkunjung ke warnet. Pikir saja kalau kita ke warnet terus parkirnya di tempat yang sempit, tempat yang gelap, atau parkir di ruas jalan. Pasti kita tidak akan tenang saat berinternetan di warnet. Sedikit sedikit nengok motor atau mobil, masih aman gak..  Dan akhirnya tidak merasa nyaman untuk berlama lama di warnet.
- Kamar Mandi. Mungkin anda menganggap sepele akan fasilitas ini. Tentu sepele jika anda hanya mengarap pelanggan hanya memakai akses warnet 1 jam atau kurang. Akan tetapi hal ini menjadi penting bagi pelanggan yang membutuhkan waktu lama dalam mengakses internet. Apalagi kalau daerah warnet yang dibuka adalah daerah dengan hawa dingin.
- Peralatan Pelengkap. Peralatan pelengkap seperti printer, scanner, card reader dan lain lain bisa menjadi pemikat bagi pelanggan untuk kembali lagi. Apalagi sebuah printer. Walaupun barang barang lain mungkin bisa menjadi opsional, akan tetapi jika dilengkapi akan mebuat pelanggan merasa nyaman untuk datang lagi.
- Makanan, Minuman, dan Rokok. Hal ini mungkin opsional, tergantung pasar yang ingin di raih warnet. Akan tetapi jika hal ini juga dipikirkan dalam mebuka warnet, factor ini bisa menjadi peningkat pendapatan warnet. Pelanggan yang tidak merasa bingung untuk minum, makan dan merokok, akan merasa betah saat di warnet.

6. Kestabilan.
Ada banyak hal yang harus diimbangi dengan kestabilan. Akses internet yang stabil tentu hal penting, tapi factor lain yang harus stabil juga banyak. Kondisi ruangan yang terus berubah ubah bisa membuat pelanggan enggan untuk datang lagi. Pelanggan akan merasa bingung jika hari ini masuk warnet, kondisi warnet sudah berubah lagi dari kemaren saat dia datang. (.. kalau operator atau yang jaga sering ganti ganti terus, pelanggan bingung juga gak ya…?) :D


Mungkin itu beberapa hal penting yang bisa aku lihat. Saya yakin anda bisa lebih banyak melihat dari saya.
Dan jangan diprotes… Wong itu dari sudut pandang saya yang Cuma seorang yang beruntung jadi kuli IT aja kok. :((

Post a Comment

0 Comments

Close Menu