Ad Code

Responsive Advertisement

Arti Jaim Apa Sech..?

Wqeqeqeqeq.... Ada temen pasang status di Facebook yang nyinggung perbincangan kami sebelumnya. Beberapa waktu sebelumnya aku pernah menyebutnya sebagai salah satu orang yang "jaim".
Dan statusnya hari ini adalah tentang arti jaim. Beneran aku ketawa pas baca status temenku ini. Pastinya bukan karena alasan tersinggung dia memasang status tentang kata kataku. Walaupun alasan sebenarnya juga ndak ada yang tahu kecuali dia sendiri.
Tapi statusnya buat aku terpikir untuk mncari jawaban akademik dari pertanyaan tersebut. Kalau maksud orang bilang jaim tu apa, kebanyakan orang juga paling dah mudenk dengan maksudnya, atau anda salah satu dari orang yang penasaran juga jawaban akademiknya...? Mari kita cari tahu bersama sama.. Anda cari sebelah kiri yak.??? Aku akan coba cari dari depan..
(*wqeqeqe... malah becanda..)

Dari browsing google dan referensi dari wikipedia, saya copy paste kan artikel yang tertulis di situs tersebut tentang jaim.

Jaim
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebasJaim (ja-im) adalah singkatan dari kata jaga-image yang merupakan suatu perilaku untuk menyembunyikan sikap yang sebenarnya dengan mengharapkan orang lain menganggap subjek sebagai seseorang yang memiliki kepribadian yang tenang, dan berwibawa. Jaim seringkali bukan merupakan perilaku yang sebenarnya, dalam arti yang positif jaim lebih dimaksudkan pada sikap untuk menjaga perilaku agar tetap tenang dalam menghadapi situasi yang sulit.

Kata jaim sebenarnya tidak termasuk sebagai salah satu kosakata Bahasa Indonesia, ia muncul sebagai bahasa gaul yang digunakan di kalangan remaja. Namun pada penggunaannya kata jaim menjadi semakin umum digunakan bahkan dalam artikel-artikel di media massa.
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Jaim

Di percakapan saya sehari hari dengan beberapa orang yang biasa saya temui setiap harinya dan bertatap muka langsung, kata jaim cenderung berkonotasi negatif, lebih berat ke persepsi tentang orang yang selalu berpura pura. Dan persepsi itulah yang kadang membuat orang bertanya tanya apa perbedaan jaim dan munafik.? 
Semoga tulisan di atas bisa menjawab pertanyaan tersebut, sehingga kita jadi mengerti maksud sebenarnya dari kalimat "kamu tuh kadang jaim juga.." wqeqeqeqe...

Tapi dari browsing waktu nyari jawaban nya tadi ada tambahan wawasan baru. Yaitu kosa kata jayus. Ada orang bilang jayus tu pengembangan dari kata jaim juga.. ( Jaim teyus : Jaim terus ) wqeqeqeq... jangan di ambil ati yak. Karena arti sebenarnya jayus dari bahasa arab adalah pencuri kain kafan. Dan dalam percakapan gaul anak anak sekarang jayus di maksudkan untuk orang yang sering berusaha ngelucu tapi sama sekali ndak bikin orang ketawa. :-) Bahasa gaul sekarang memang kadang lari dari arti kata sebenarnya. Tapi ya mesti maklumin juga, karena kata kata gaul sebenarnya tumbuh di komunitas masing masing, yang sejarahnya kenapa kata kata itu dipakai tentunya orang orang dalam komunitas tersebut yang lebuh tahu. Dan jika akhirnya kata itu berkembang dan bahkan me-nasional, logikanya jelas juga kalau akhirnya persepsinya bisa beda beda.

Banyak juga tulisan ini, kalau aku jawab pertanyaan temenku tuh di wall nya bisa ngamuk dia. "Aku buka pake hape mas.. 420 karakter limitation.. gak bisa kebuka semua.." Wqeqeqeqe..

Tapi ada untungnya juga dia nanya, aku jadi iseng nulis blog lagi, walaupun ndak ada bobotnya. :-) Lagian juga, kalau aku tulis untuk koment status dia juga gak layak juga. Facebook kan jejaring sosial yang termasuk internal publik atau umum untuk komunitas nya ( friend fb ) :-) Ntar malah jadi membentuk persepsi yang ndak baik. Ntar jadi ada propponent ( publik yang mendukung ) dan ada juga yang opponent ( publik yang menentang ) atau malah ada yang uncomitted ( publik yang ndak peduli ).
Jadi nggaya bahasanya karena barusan buka wikipedia.. =)) 

Maklumi jika kita beda kata
Karena ini aku yang bicara

mimaya©2010

Post a Comment

0 Comments

Close Menu